Demam Berdarah Dengue (DBD)

Hari itu

Hari Jum’at itu Saya pergi kekantor seperti biasa..Hari semakin malam..Saya belum juga beranjak dari kantor..huh..capee deehh…Tiba saat itu, akhirnya Saya pulang juga dan mulai merasakan kejanggalan terhadap tubuh ini..kok agak demam ya..baru agak nich..Saya pikir ga apa2..Kebetulan aja Saya selalu bawa termometer kemana2..akhirnya Saya tes dan ternyata suhu badan Saya lebih anget dibandingkan biasanya..Tapi kok badan Saya tambah lama tambah lemes, tapi Saya pikir itu hanya kecapean biasa karena dari Senin sampai Jum’at kerja rodi (hehehehe..)..Setelah sampai dirumah, Saya minum obat penurun demam..

Keesokan harinya

Saya bangun lebih siang dari biasanya..ah biasakan..liburan jadi balas dendam dech..1..2..3..rasanya badan Saya ngiluuu semuanyaa…adduuuhhh kenapa nich..kepala juga tambah berat..Setelah susah payah bangun, Saya rebahan lagi deh..Pagi itu Saya memutuskan untuk segera ke dokter kesayangan Saya dari kecil..Diagnosanya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD)..Dari dokter langsung menuju laboratorium klinik untuk tes darah..setelah mendapatkan hasilnya, Saya kembali ke dokter untuk meminta keterangan lebih lanjut tentang hasil lab tadi..ternyata Saya divonis opname di rumah sakit..hiks..

Saat itu trombosit Saya 200 (katanya sich masih normal,normalnya itu 150)..tapi karena Saya mual2 (kayak bumil* aja nich)..suhu badannya hampir 40..jadi pasrahlah Saya diopname..

Kenapa sich lama banget di rumah sakit, udah gitu tubuh Saya berbintik-bintik merah (kayak cacar)..tetapi setelah mendapatkan penjelasan dari Dokter yang mengatakan bahwa trombosit Saya akan turun terus menerus..lalu akan naik kembali..nah disaat itulah Saya akan diizinkan pulang..tepat pada hari ke-8..yippieee…

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Demam Berdarah Dengue (DBD) disebabkan oleh nyamuk bernama Aedes Aegepty (biar gampang, bacanya : aides aigepti..hehehehe..)

Gejalanya adalah demam tinggi hampir mencapai 40 derajat, mual luar biasa, seluruh tubuh lemas dan berbintik-bintik merah (paling cepet keliatan di kaki)..

Pertolongan pertama thd DBD :

1. Bawa ke dokter

2. Tes darah di laboratorium

3. Segera ke rumah sakit, jangan menunggu sampai trombosit menurun

Cara supaya cepat sembuh :

1. Minum air putih yang banyak, minimal 2-3 liter 1 hari

2. Diusahakan makan yang banyak

3. Minum madu yang asli

4. Minum beras merah cina atau angkak (rebus angkak dan ambil airnya untuk diminum. Pagi dan sore diminum sebanyak satu gelas)..bisa juga dibeli di toko obat cina..

5. Minum cairan pengganti ion tubuh (seperti pocari sweat)

Semoga bermanfaat yaaa…

*bumil=Ibu Hamil

2 Comments

Filed under Kesehatan

2 responses to “Demam Berdarah Dengue (DBD)

  1. Iya…, untung skr udah sembuh ya…, kemaren kantor sepi bgt tanpa dirimu….
    jaga kesehatan aja biar gak kena lagi…, jangan kayak diriku ampe 2 kali kena DBD.
    Jaga pola makan, cukupkan istirahat, katanya pengen jadi Bumil hiks..hiks..

  2. citraandinarosa

    wuih teteh..aku baru menyadari ternyata kita berdua tergigit nyamuk disaat lemah..tapi harus tetap semangat jadi bumil…

Leave a Reply

